21 AUG 2024 KECANTIKAN & PERAWATAN 2 MENIT DIBACA 80 DILIHAT

Cek Kesehatan Lewat 5 Kondisi Rambut

Tahukah kamu, ternyata kondisi rambut bisa memberi informasi mengenai kesehatan kita, lho.
Yuk, dengarkan apa “kata” rambut kita dan jangan lupa cek ke dokter untuk mengetahui diagnosa lebih lanjut.

1. Rambut beruban: stres

Beruban sebelum waktunya bisa dipicu faktor gen dan stres. Sebuah studi* menunjukkan bahwa stres kronis dapat menyebabkan rambut beruban dengan menyebabkan kerusakan DNA dan mengurangi pasokan sel penghasil pigmen di folikel rambut.

2. Rambut rapuh: sindrom cushing

Rambut rapuh adalah salah satu gejala sindrom Cushing, kondisi langka yang disebabkan oleh terlalu banyak kortisol, hormon stres utama tubuh.

3. Rambut menipis: penyakit tiroid

Hipotiroidisme adalah suatu kondisi yang terjadi ketika kelenjar tiroid tidak menghasilkan cukup hormon tiroid, sehingga mengalami peningkatan kerontokan rambut.

4. Rambut rontok: anemia

Jika tiba-tiba melihat lebih banyak rambut di sisir, mungkin tubuh kekurangan zat besi, atau anemia. Jika diagnosa dokter anemia, perbanyak makanan kaya zat besi, juga minum suplemen zat besi  seperti NutriliteTM Iron Folic Plus, yang mengandung zat besi organik, asam folat dari konsentrat bayam dan serbuk kulit tiram yang dapat membantu memenuhi kebutuhan zat besi dan asam folat. Konsumsi juga NutriliteTM Hi-Protein karena protein sangat penting untuk kesehatan dan pertumbuhan rambut.

5. Serpihan putih/kuning: ketombe

Serpihan kuning atau putih di rambut yang sering jatuh adalah ketombe, dan biasanya dapat diatasi dengan sampo khusus untuk rambut berketombe seperti Satinique Anti-Dandruff Shampoo.

  • Satinique Anti-Dandruff Shampoo adalah shampoo yang berfungsi untuk merawat rambut dengan mengurangi ketombe, menghilangkan serpihan, sekaligus memberikan kelembapan dan meredakan kulit kepala yang kering dan gatal.
  • Satinique Anti-Dandruff Shampoo mengandung ENERJUVE, kompleks yang dipatenkan yang terdiri dari lipid, 18-MEA dan creatine; mengembalikan rambut ke keadaan alami yang terlihat sehat.
  • Formula Satinique Anti-Dandruff Shampoo terbuat dari campuran botani dari Avocado, yang membantu mengontrol minyak dan mencegah kulit kepala bersisik; vitamin E untuk melembapkan; dan Zinc Pyrithione untuk membantu  mengurangi ketombe sehingga rasa gatal akan berkurang.

Sumber:

*https://www.nature.com/articles/nature10368